Senin, 21 September 2015

Pengaruh Perkembangan Teknologi Pada Bidang Ekonomi, Politik, Sosial, dan Budaya


Perkembangan teknologi dapat terlihat jelas terjadi di Indonesia.  Masyarakat di Indonesia menjadi masyarakat yang cerdas dan “melek” teknologi. Dalam berbagai bidang kehidupan, teknologi mampu memberi kemudahan dan kenyamanan bagi manusia, sehingga teknologi semakin digemari dan berkembang secara luar biasa. Teknologi di masa kini mampu melakukan hal – hal yang pada masa lalu membutuhkan waktu yang lama untuk melakukannya. Misalnya saja, mengirim pesan. Kini dapat dilakukan dalam waktu yang sangat singkat. Bisa melalui e-mail, maupun pesan singkat (SMS). Tidak perlu lagi mengirim surat yang membutuhkan waktu yang cukup lama.
Dalam bidang ekonomi, perkembangan teknologi dapat dilihat melalui banyaknya online shop yang bermunculan. Banyak pengusaha muda yang lahir dari online shop ini, dikarenakan penjualannya dilakukan secara online sehingga tidk memakan banyak tempat dan waktu. Lalu muncul berbagai inovasi di bidang jasa, seperti munculnya Gojek. Gojek, yang sebenarnya sudah ada sejak tahun 2010, pada tahun 2015 ini kembali muncul bahkan lebih terkenal dari yang sebelumnya. Gojek merupakan layanan pemesanan ojek, yang dapat dilakukan via online. Selain itu, Gojek juga dapat digunakan untuk mengantarkan barang. Dilansir dalam labanapost.com, pada tahun ini Gojek terus berkembang, dibuktikan dengan adanya pembukaan lowongan kerja untuk Gojek yang dilakukan secara besar – besaran di kota Jakarta dan kota lainnya seperti Bandung. Hal ini tentunya berperan dalam mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia. Selain itu, karena pemesanannya lebih mudah dan praktis, juga dapat menjangkau daerah yang sulit disentuh seperti komplek rumah pribadi yang jauh, banyak pengguna kendaraan pribadi yang kini beralih ke Gojek[1].  Dalam wawancara yang dimuat oleh viva.com,  Nadiem Makarim, penmu dan pendiri Gojek, mengatakan bahwa pertama kalinya dalam sejarah layanan ojek  menghasilkan pajak. Nadiem mengatakan, Gojek membayar pajak kepada pemerintah, dan adanya Gojek di Indonesia merupakan hal yang baik[2].
Beralih ke bidang politik, tenologi cukup berperan dalam proses berjalan demokrasi di Indonesia. Kritik dan saran kepada pemerintah pun tak lagi disampaikan melalui demo besar – besaran dan anarki (meskipun masih ada yang seperti itu), namun melalui cara – cara yang lebih kreatif. Misalnya melalui petisi yang disebarkan melalu media sosial. Selain itu, sekarang banyak beredar meme.  Menurut Wikipedia, meme adalah sesuatu yang terkenal melalui internet, misalnya gambar, video, atau karakter sesorang. Meme biasanya muncul saat seseorang mengunggah atau membuat sesuatu di internet kemudian menyebarkannya. Kritik dan pendapat masyarakat menganai berbagai permasalahan di Indonesia pun kini banyak yang  disampaikan melalui meme ini.




Terakhir, dalam bidang sosial dan budaya. Berubahnya masyarakat menjadi masyarakat yang cerdas dan pintar dalam memilih dan memilah berita merupakan dampak positif yang dapat dirasakan. Kini masyarakat tidak akan percaya dengan mudah pada salah satu media saja. Masyarakat kini dapat memilah mana sumber yang dapat dipercaya. Selain itu, dengan semakin berkembangnya media sosial atau media secara online, masyarakat semakin mudah mendapatkan informasi yang diinginkan. Penyebaran informasi yang dilakukan juga lebih mudah melalui sosial media.  Seperti saat kasus kabut asap di Riau terjadi, penyebaran informasi oleh warga yang menjadi korban kebanyakan di beritakan melalui sosial media. Dengan pemberitaan ini banyak masyarakat yang akhirnya mendesak pemerintah untuk bertindak mengatasi masalah kabut asap ini, baik melalui petisi maupun kritik di media sosial. Kebiasaan hidup masyarakat pun berubah menjadi masyarakat yang bergantung dengan HP. Ada atau tidaknya televisi dan radio kini tidak terlalu berpengaruh karena berbagai informasi dapat didapatkan di internet, baik melalui audio, visual, maupun keduanya.
Selain penguraian di atas pasti masih banyak lagi dampak teknologi terhadap berbagai bidang kehidupan manusia baik secara positif maupun negatif. Diharapkan penguraian di atas dapat memberikan sedikit gambaran bagaimana teknologi berkembang di Indonesia dan mempengaruhi berbagai bidang kehidupan manusia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar